7 hal yang membuat reward system gagal mencetak penjualan
1. Tidak ada aturan main yang jelas
2. Hanya fokus pada satu divisi saja, mis bagian penjualan mendapat
3. Pengumuman pemengannya lambat, akhirnya semangat merosot
4. Aturan main berubah di tengah jalan
5. Tidak ada yang mencapai target
6. Target tercapai namun caranya tidak etis
7. Pimpinan pilih kasih
Empat hal yang harus di perhatikan sebelum anda membuat program reward.
Buat rencana
• Tentukan tujuan mengapa anda ingin memberi reward
• Hubungkan reward dengan perilaku bukan hanya performance
• Ciptakan ukuran dan objektif yang spesifik
• Komunikasikan dengan jelas aturan main, cara memenangkan dan alasan kuat mengapa mereka akan
• Pastikan anda MEMENUHI JANJI! Bangun rasa percaya dengan menjalankan program ini dengan
konsisten
Be CREATIVE
Reward tidak selalu harus berbentuk uang... Gunakan bentuk alternatif seperti voucher menginap bersama keluarga, voucher Dufan, Blackberry, notebook, tabungan hari tua, etc...Semakin unexpected maka reward akan semakin menarik. Ingat! Fairness, dan kejelasan dan kemudahan klaim reward harus diperhitungkan
Berikan personal touch, jangan sia-siakan kesempatan
Pada cerita yang melegenda tentang The Mirage hotel and casino di Las Vegas. Mereka memiliki karyawan yang sangat setia, penuh dedikasi, jujur, customer oriented, dan profit oriented, mengedepankan kepentingan perusahaan diatas kepentingan pribadi. Ini adalah urban legend, konon, dan banyak di tulis di buku-buku motivasi.
Hal yang menarik dari The Mirage:
• The Mirage memiliki catatan lengkap tentang keinginan dan cita-cita setiap karyawan mereka.
• The Mirage memiliki strategi dan rencana spesifik yang di diskusikan kepada setiap karyawan bagaimana
mereka bisa memenuhi cita-cita mereka
• The Mirage memberikan reward dengan cara unik, personal, dengan cara yang berbeda-beda setiap saat
• The Mirage mengutamakan KNOWLEDGE, TRAINING, EDUCATION yang membuat karyawan selalu
merasa penting
Adil memberi reward untuk pribadi juga divisi
Pastikan program anda sederhana dan tidak berat sebelah. Sales department memiliki ukuran yang jelas sementara finance, accounting dan admin sangat sulit dalam menentukan ukuran prestasi apalagi jika ukuran prestasi adalah omset dan profit.
0 komentar:
Posting Komentar