Harga Diri : Kunci Kesuksesan & Pencapaian Prestasi

Dari beberapa buku yang saya baca, ternyata ada beberapa kesamaan yang disampaikan yakni mengenai IDENTITAS DIRI. Ironisnya, kebanyakan dari kita masih kurang memahami tentang bagaimana seharusnya kita memberikan identitas kepada diri kita, karena secara tidak sadar diri kita telah diberikan identitas oleh lingkungan yang membentuk kita.

 Kisah Sylvester Stallone

Kalau anda melihat film Rocky, anda akan temui kemiripan dengan kehidupan Stallone yang sebenarnya. Film ini Sangat Menginspirasi kita untuk Menjadi Sukses dan Terus Menerus Bangkit , HADAPI MASALAH dan KEGAGALAN.Keluarga Stallone sangat miskin, bahkan ibunya terpaksa melahirkan dia di tangga pintu sebuah sekolah. Ia mempunyai kelainan saraf di bagian mukanya, sisi kanan wajahnya menjadi tidak normal. Ia juga terpaksa berbicara dengan gagap, dan ujung bibirnya selalu tertarik ke bawah.

 4 Langkah Meningkatkan Profit dengan Reward

Memberikan reward sering menjadi bumerang bagi beberapa orang. Maksudnya baik eh, di tanggapi negatif. Selama saya menjadi seorang Coach, ada beberapa hal yang membuat reward menjadi masalah: ...

 Seberat Apa Masalah Kita..??

Suatu ketika, hiduplah seorang tua yang bijak. Pada suatu pagi, datanglah seorang anak muda yang sedang dirundung banyak masalah. Langkahnya gontai dan air mukanaya ruwet. Tamu itu memang tampak seperti orang yang tak bahagia. Tanpa membuang waktu, orang itu menceritakan semua masalahnya. Pak tua yang bijak hanya mendengarkannya dengan seksama.

SELAMAT DATANG DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

12.1.10

Cahaya Atas Cahaya....

12.1.10 |

Alhamdulillah...tidak ada sebuah kata yang paling tepat menggambarkan rasa syukur dalam diri ini. Pagi ini Allah SWT, kembali berkenan membuka hatiku, menjernihkan pikiranku untuk bisa mencerna pesannya lewat apa yang aku baca dan lewat tayangan ust.Yusuf Mansyur dalam sebuah acara nikmatnya sedekah disebuah stasiun televisi kita. Subhanallah, setiap kali menyaksikan acara ini selalu saja ada insight yang ku dapat. Namun pagi ini, Allah berkenan memberikan lebih dari sekedar kemampuan untuk membaca sebuah pesan dengan akal ku, akan tetapi sekaligus sebuah jawaban atas kegelisahan ku selama ini.

Sungguh luarbiasa pesan dan jawaban yang aku dapat hari ini...sehingga tanpa sadar mata ini mulai berkaca-kaca...(ini asli bukan lebay lho..) SUBHANALLAH...ALHAMDULILLAH berkali-kali kalimat ini yang terlintas dalam hati dan pikiranku. Seluruh sendi seperti lemas, tiba-tiba aku merasa begitu kecil dan munafik sekali. Betapa selama ini aku telah membohongi diri sendiri..Ya Rabb..ampuni hamba atas keterbatasan akal fikiran ini.

Apa sebenarnya pesan dan jawaban yang aku maksud ini??? pesan itu adalah tentang BERSYUKUR...jujur saja aku sudah sering menuliskannya, membaca dan mengucapkannya. Dan, sampai sesaat sebelum aku mendapat pesan serta jawaban ini, egoku masih merasa aku telah berusaha semampuku untuk menunjukkan rasa syukur ini...Tapi, pagi ini semuanya mentah..aku seperti dikuliti, benar-benar merasa sebagai hamba yang kecil.

Beberapa waktu yang lalu aku beberapa kali mempelajari sebuah presuposisi atau anggapan dalam ranah keilmuan NLP (Neuro Linguistic Programming) yang bunyinya: PIKIRAN dan TUBUH manusia itu saling TERKAIT dan MEMPENGARUHI satu sama lain. Artinya, apa yang pikiran kita pikirkan akan dimanifestasikan atau direspon oleh tubuh kita, begitu juga sebaliknya.

Lalu apa hubungannya dengan bersyukur seperti kalimat di atas. Hikmah, pesan dan jawaban yang aku dapat pagi ini adalah bersyukur yang aku lakukan baru sebatas ada dalam pikiran dan belum termanifestasi secara menyeluruh dalam setiap tindakan (tubuh), dan sebaliknya bahkan menurut aku paling parah adalah apa yang ku lakukan atau tindakan ku masih jauh dari bersyukur itu. Bersyukur seyogyanya adalah memuliakan Allah SWT, sebagai bentuk terimakasih kita atas apa yang kita terima di dunia ini. Memuliakan berarti mengikuti serta mematuhi apa yang sudah Allah sampaikan dalam Alqur'an, dengan kata lain melakukan segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Sekarang, aku mengukur seberapa sering dan berapa besar prosentasenya seluruh tubuh ini bersyukur memuliakan Allah SWT. Amal apa saja yang kita kerjakan sebagai wujud rasa syukur kita atas segala nikmat tak terhingga ini. Allahuakbar...dan aku sampai pada sebuah kesimpulan bahwa diriku masih terlalu banyak mendustakan nikmat Allah dengan tidak bersyukur. Ternyata bersyukur melalui tindakan masih sangat kurang aku lakukan, dan pastinya rasa syukur ini belum bersinergi dengan baik. Dari sini, jawaban mengapa pikiran ini terkadang masih risau dengan persoalan hidup, masih gelisah ketika tidak punya uang, diri ini kebingungan mesti berbuat apa selanjutnya, dan lain sebagainya. Dimana sebenarnya dari kebanyakan yang ku risaukan adalah hal-hal yang saat ini sudah aku terima atau jalani. Semua terjadi karena nikmat yang saat ini saja belum bisa kita syukuri sepenuhnya. Padahal jelas-jelas Allah SWT berfirman.."bersyukurlah niscaya akan aku tambahkan nikmat-Ku.."

Selarasnya pikiran dan tindakan (tubuh) adalah faktor yang cukup penting untuk memperoleh kehidupan yang baik seperti keinginan kita. Kita ingin bahagia, maka pikiran dan sikap atau tindakan kita juga harus mencerminkan orang yang bahagia.



Ya Rabb...
Engkau adalah cahaya atas cahaya
Dalam setiap dimensi hidup ini,
tidak mungkin luput dari pengamatan-Mu
Begitu pula hamba yang berdosa


Namun hamba yakin...
jika Engkau berkehendak maka terjadi dan menjadi
seperti bergantinya siang dengan malam..


Jika Engkau meridhoi kepahaman dalam diri ini
maka izinkan hamba memaknai
setiap kejadian sebagai tahapan
untuk kembali kepada fitrah-MU


Maka....


Jernihkan Pikiranku
agar hamba dapat membaca dan mencerna
setiap pesan atas apa yang aku lihat, dengar dan rasakan.


Bersihkanlah Hatiku
agar diri ini dapat menerima cahaya tuntunan-Mu
sehingga menjadi pribadi yang Engkau fitrahkan


Mudahkanlah Langkahku
agar hamba bisa menjadikan pesan itu sebuah sikap dan tindakan
untuk senantiasa bersyukur dan memuliakan-Mu


Ya Rabb...semoga Pikiran, Hati dan Tindakan hamba
senantiasa selaras dan saling menguatkan
dalam mensyukuri kebesaran-MU....



Semarang, 12 Januari 2010

Dani Putra
aikoglobal.blogspot.com


Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Konsultasi Online

Tinggalkan Pesan..


ShoutMix chat widget
 
Copyright 2009© Passion-Action-Improvement | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog